Selamat Datang di Website Resmi KOHANUDNAS Labda Prakasa Nirwikara KOHANUDNAS SIAGA SENANTIASA SELAMAT BERTUGAS DAN TETAP SEMANGAT MENJAGA NKRI

“Jika orang lain bisa, saya juga bisa, mengapa pemuda-pemuda kita tidak bisa jika memang mau berjuang.”

by Jendral Sudirman

“Kelemahan terbesar kita adalah menyerah. Cara paling pasti untuk dapat meraih kesuksesan adalah dengan selalu mencoba sekali lagi.”

by Thomas A Edison

Disiplin, Militansi, Semangat Nasionalisme, Patriotisme dan Nilai-Nilai Luhur Bangsa Menuju Indonesia Yang Merdeka, Bersatu, Berdaulat, Adil Dan Makmur Perlu Lebih Ditingkatkan

by Panglima TNI Jendral Moeldoko

In order to succeed you must fail, so that you know what not to do the next time. Agar bisa berhasil, terkadang Anda musti gagal dulu, sehingga Anda tahu apa yang tidak boleh dilakukan di waktu berikutnya.

by Anthony J. D’Angelo

Pengunjung Aktif : 10

Pengunjung Hari Ini : 497

Satrad 216 CIBALIMBING
SATRAD 27 Agustus 2013

Alutsista yang digunakan  Satrad  216 yaitu Radar Thomson TRS 2215D   buatan Perancis. Radar ini memiliki kemampuan GCI/EW.   Radar ini  dilengkapi radio GTA untuk mempermudah komunikasi GCI dengan pesawat Tempus Sergap (TS).  . Satrad 216 Cibalimbing bertugas melaksanakan pembinaan kesiapan operasi beserta personelnya dan pengoperasian alat utama sistem senjata Radar dalam rangka deteksi dini dan pengendalian intersepsi pesawat tempur sergap pada operasi pertahanan udara guna mendukung tugas Kosekhanudnas I.

Radar Thomson TRS 2215D

 

 

   Radar di Satuan Radar 216 Cibalimbing pada tahun 2004 telah direkondisi yang melibatkan PT Saka Graha.  Pelaksanaan Rekondisi dimulai pada pertengahan April 2004.   Setelah beberapa bulan pelaksanaan Rekondisi maka pada tanggal 30 November 2004 dilanjutkan dengan Radar Trial mulai tanggal 1 Desember 2004 sampai dengan 15 Desember 2004 dengan hasil tangkapan maksimum Radar Primer 113 NM dan pelaksanaan Rekondisi dinyatakan selesai.

 

   Setelah lama menjadi Radar yang memiliki kemampuan EW, sebagai Satuan Radar yang bertugas untuk meng-cover ibukota Jakarta dari Selatan, maka pada tanggal 31 Oktober 2007 dilaksanakan instalasi Control Reporting Centre yang berfungsi untuk menggantikan Ops Cabin.    Setelah diadakan uji fungsi pada tanggal 19 Desember sampai dengan 23 Desember 2007 dan melaksanakan berbagai macam latihan maka berdasarkan Surat Dinas Pangkosekhanudnas I Nomor : B/ 338-10/ 01/ 01 Kosekhanudnas I tanggal 31 September 2008 dan Surat Dinas Pangkohanudnas Nomor : B/ 886-10/ 05/ 02 Kohanudnas tanggal 15 Oktober 2008 status Satrad 216 berubah dari Radar EW menjadi Radar GCI. 

Operasi dan latihan yang dilaksanakan Satrad 214 Pemalang yaitu :

 

Operasi Hanud Matud.  Operasi ini dilasksanakan sepanjang tahun...

Operasi Khusus.  Pada operasi ini Radar melakukan cover terhadap penerbangan VVIP dan VIP yang berada di wilayah coverage Radar 216 Cibalimbing..

Latihan.  Latihan latihan yang dilaksanakan adalah latihan perorangan,  latihan satuan dan latihan gabungan Cakra A, Perkasa A, Kilat dan latihan gabungan Hanudnas Tutuka.  Latihan perorangan yang dilaksanakan yaitu profesiensi GCI Controller, Operator Radar, Mekanik Radar.

 

Komandan Satrad 214 Pemalang saaat ini adalah Mayor Lek Gatot Wiseso

 


Gallery Video
Login User
Galeri Foto
Pusdiklathanudnas merupakan satuan pelaksana pendidikan dan latihan dari Kohanudnas dalam menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan personel organic maupun non organic yang berkedudukan langsung dibawah Panglima Kohanudnas. Pusdiklat Hanudnas bertugas menyelenggarakan pendidikan dan latihan spesialisasi sishanudnas bagi personel organik maupun non organik yang dipersiapkan untuk ... Selengkapnya