Selamat Datang di Website Resmi KOHANUDNAS Labda Prakasa Nirwikara KOHANUDNAS SIAGA SENANTIASA SELAMAT BERTUGAS DAN TETAP SEMANGAT MENJAGA NKRI

“Jika orang lain bisa, saya juga bisa, mengapa pemuda-pemuda kita tidak bisa jika memang mau berjuang.”

by Jendral Sudirman

“Kelemahan terbesar kita adalah menyerah. Cara paling pasti untuk dapat meraih kesuksesan adalah dengan selalu mencoba sekali lagi.”

by Thomas A Edison

Disiplin, Militansi, Semangat Nasionalisme, Patriotisme dan Nilai-Nilai Luhur Bangsa Menuju Indonesia Yang Merdeka, Bersatu, Berdaulat, Adil Dan Makmur Perlu Lebih Ditingkatkan

by Panglima TNI Jendral Moeldoko

In order to succeed you must fail, so that you know what not to do the next time. Agar bisa berhasil, terkadang Anda musti gagal dulu, sehingga Anda tahu apa yang tidak boleh dilakukan di waktu berikutnya.

by Anthony J. D’Angelo

Pengunjung Aktif : 30

Pengunjung Hari Ini : 107

Lambang
PROFIL KOHANUDNAS 14 Agustus 2013

Panji/Pataka Kohanudnas memiliki warna dasar kuning dengan lambang yang bertuliskan “ Labda Prakasa Nirwikara”. Pada satu sisi Pataka bertuliskan Bhineka Tunggal Ika, dan satu sisi lagi bergambar bintang lima, warna dasarnya kuning emas, panah berwarna merah, busur berbentuk sayap dengan warna biru tua dan abu-abu/biru muda, tali busur berbentuk rantai berwarna hijau.   Dibawah panah terdapi at lima jilatan apberwarna merah, busur dan panah yang dilingkari padi berwarna kuning emas, disebelah kirinya  kapas berwarna putih, sedangkan daun kapas berwarna hijau disebelah kanan. Kepala Pataka berwujudkan boneka Adipati Karna sedang membidikkan panahnya. Dibawah gambar lambang bertuliskan, “Labda Prakasa Nirwikara“.                 

            Awalnya Menhankam/Pangab mengeluarkan Keputusan pengesyahan Panji/Pataka Kohanudnasl dengan : Kep/B-319/XI/1967 tanggal 9 Nopember 1967.   Namun, dengan munculnya  dasar hukum bahwa Panji/Pataka dikeluarkan oleh Keputusan Presiden, maka keluarlah Keputusan Presiden Nomor :Kep/024/K/1967 tanggal 18 Desember 1967.

Makna Panji/Pataka Kohanudnas

            Panji/Pataka Kohanudnas  mengandung makna :

  1. Kohanudnas mewujudkan suatu persatuan dan kesatuan dari    semua kekuatan bangsa Indonesia umumnya, TNI khususnya dalam mempertahankan dan menyelamatkan rakyat dan wilayah negara Republik Indonesia dari setiap serangan udara yang menjadi perongrong, penghalang dan penghambat dari NKRI.
  2. Kohanudnas menjadi tameng dari keagungan rakyat, bangsa dan negara RI dalam tugasnya menyelamatkan dan mempertahankan tegaknya NKRI, serta merupakan alat senjata yang ampuh dengan tugas-tugasnya untuk menghancurkan setiap serangan udara yang mengancam wilayah kedaulatan Nasional.
  3. Kohanudnas merupakan Komando Gabungan Khusus yang menyelenggarakan pengamanan dan pertahanan wilayah negara Republik Indonesia dari setiap serangan udara sehingga terjaminnya keutuhan potensi nasional guna kelancaran perang pada umumnya.
  4. Dalam melaksanakan tugasnya Kohanudnas mendasarkan pada keagungan, keluhuran dan kebesaran, keadilan, kebenaran dan kejujuran, keberanian dan kebulatan, serta berlandaskan pada Pancasila dan Doktrin TNI.   Sedangkan tujuan yang akan dicapai adalah mencapai masyarakat adil dan makmur, mempertahankan Revolusi 17 Agustus 1945 yang berlandaskan falsafah Pancasila, tetap berdiri kokoh dan kuat menjadi alat revolusi yang ampuh sejak berdirinya tanggal 9 Februari 1962.

 Labda Prakasa Nirwikara

             Lambang/Motto Labda Prakasa Nirwikara mengandung makna yaitu:

  1. Labda artinya kemahiran dan kecakapan yang khusus.  Artinya, bahwa dalam melaksanakan tugas pertahanan Negara menggunakan alat-alat senjata yang khusus yaitu Radar,  pesawat buru sergap, peluru kendali, artileri Hanud, sehingga diperlukan pula kemahiran dan kecakapan khusus.
  2. Prakasa artinya termasyur dengan kesanggupannya menghancurkan lawan (musuh), sanggup menanggulangi dan menghadapi bahaya apapun, dengan menghimpun segala potensi lahir maupun batin.
  3. Nirwikara artinya tabah, berkeyakinan dan berkepribadian yang tinggi, berani dan mempunyai kebulatan tekad, dan pantang mundur. 

   Makna Pataka Kohanudnas dalam gambar, terwujud dalam lukisan-lukisan sebagai berikut :

  1. Senjata pertahanan udara dilukiskan dengan senjata purbakala yakni busur dan panah.  Dalam cerita pewayangan, senjata ini digunakan oleh ksatria Hastina yang bernama “Sang Adipati Karna”, yang berjiwa ksatria dan patriotis dalam membela negara, dan patuh pada sumpah pahlawan di medan laga.   Senjata  panah yang digunakannya dinamakan Kuntha. Kuntha ini merupakan senjata yang dapat digunakan dalam peperangan melalui udara dengan terbidik/terkendalikan mengenai sasaran yang jauh.   Selain itu, wujud lukisan senjata ini  mengandung arti bahwa, senjata-senjata utama sistem pertahanan udara yang digunakan Kohanudnas menggambarkan  Angkatan Darat, Angkatan Laut dan Angkatan Udara, yang dinyatakan dengan warna-warna  Angkatan pada busur yang berbentuk sayap dan tali busur yang berbentuk rantai.  Panahnya berwarna merah yang mengandung arti keberanian, kelincahan dan keampuhan. Busur yang berbentuk sayap ada 2 buah,  dengan 9 lembar bulu.  Sedangkan tali busur yang berbentuk rantai, memiliki 62 mata rantai.  Dari semuanya ini mengandung arti bahwa, tanggal  berdirinya Kohanudnas pada 9 lembar bulu,  bulannya pada 2 buah sayap, tahunnya pada  62 buah mata rantai. 
  2. Dalam melaksanakan tugasnya, Kohanudnas mengemban amanat penderitaan rakyat untuk mencapai masyarakat adil dan makmur dengan berlandaskan Pancasila dan UUD 1945.  Bintang Lima yang berwarna kuning keemasan sebagai dasar yang mengandung arti landasan idiil Pancasila, dan lima tujuan/dasar pokok  yaitu keagungan bangsa dan negara, keluhuran dan kebesaran jiwa bangsa dan negara, keadilan, kejujuran dan kebulatan tekad, serta keberanian dan kebulatan tekad.  Padi berwarna kuning keemasan, kapas berwarna putih dan daun kapas berwarna hijau, yang dilindungi busur panah, sebagai dasar cita-cita, azas dan tujuan Kohanudnas dalam melaksanakan tugas-tugasnya demi tercapainya keadilan dan kemakmuran bagi rakyat, bangsa dan Negara.  Artinya kebenaran keadilan dalam kemakmuran dan kemakmuran dalam keadilan. Kohanudnas dalam melaksanakan tugas-tugasnya mengemban  cita-cita  Proklamasi 17 Agustus 1945, dan mempertahankan Proklamasi 17 Agustus 1945.  Hal ini digambarkan pada 17 daun kapas yang mengandung arti tanggal kemerdekaan Indonesia, 8 kapas yang berarti bulan kemerdekaan dan 45 padi yang mengandung arti tahun kemerdekaan, sehingga apabila disatukan menjadi 17 Agustus 1945.
  3. Sistem yang digunakan Kohanudnas dalam melaksanakan tugasnya tidak hanya dengan sistem pertahanan udara dari AD, AL dan AU saja, tetapi juga melibatkan seluruh potensi nasional yang ada, baik TNI maupun rakyat Indonesia. Hal ini digambarkan pada obor /api yang bermakna alat pembakar/penggugah semangat dan keberanian.  Pada obor/api yang menyala terdapat  5 jilatan api, terletak di bawah senjata panah yang sudah siap diluncurkan untuk menanggulangi serangan udara.  Sedangkan warna dasar dan warna jumbai Panji/Pataka adalah kuning keemasan, yang mengandung arti keagungan, keluhuran budi kemanusiaan dan kemuliaan.
Gallery Video
Login User
Galeri Foto
Pusdiklathanudnas merupakan satuan pelaksana pendidikan dan latihan dari Kohanudnas dalam menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan personel organic maupun non organic yang berkedudukan langsung dibawah Panglima Kohanudnas. Pusdiklat Hanudnas bertugas menyelenggarakan pendidikan dan latihan spesialisasi sishanudnas bagi personel organik maupun non organik yang dipersiapkan untuk ... Selengkapnya